English | Indonesia +62 271 721 946      

Graha Farma Artikel & News

Pentingnya Mencuci Tangan

Kenapa kita harus membilas tangan kita
Hampir ribuan orang meninggal diseluruh belahan dunia dikarenakan mengalami infeksi ketika karena kebiasaan kehidupan sehari hari yang tidak higienis maupun ketika sedang dirawat karena sakit.
Tangan merupakan jalur penularan baik bakteri, virus , jamur . Oleh karena itu kebersihan tangan menjadi hal yang sangat penting untuk memutuskan mata rantai penularan dan mencegah terjadinya penularan infeksi .
Terlebih dengan merebaknya penyakit Virus corona yang sudah menjadi pandemi diseluruh dunia, maka salah satu tindakan menjaga dan melindungi diri kita adalah dengan membilas tangan kita dengan benar.
Saat ini tidak ada vaksin untuk mencegah penyakit coronavirus 2019 (COVID-19). Cara terbaik untuk mencegah penyakit adalah menghindari terkena virus ini.

Karena virus menular atau menyebar melalui orang ke orang :
-Maka Orang yang kontak berdekatan dalam perlu menjaga jarak sekitar 1,8 meter
- Orang yang terinfeksi batuk atau bersin dan sekret atau dropletnya dapat mengenai area pernafasan mulut atau hidung orang didekatnya.
Orang Dewasa atau orang orang yang sudah memiliki penyakit yang diidapnya seperti penyakit jantung, Diabetes, paru paru maka memilki resiko terkena komplikasi yang lebih berat jika mengalami infeksi Corona Virus ( COVID-19).

Untuk itu perlu dilakukan langkah langkah pencegahan untuk melindungi diri kita.
1. Sering-seringlah membersihkan tangan Anda
Sering mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik terutama setelah Anda berada di tempat umum, atau setelah menutup hidung hidung, batuk, atau bersin.Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan yang mengandung alkohol 70%. usapi semua permukaan tangan Anda dan gosokkan semuanya sampai kering.
2. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda dengan tangan yang tidak dicuci atau belum dibilas.
3. Hindari :
- kontak dekat dengan orang yang sakit
- Menjaga jarak antara Anda dan orang lain jika COVID-19 menyebar di komunitas baik itu dilingkungan sekolah, kantor, rumah Anda. Ini sangat penting bagi orang-orang yang berisiko lebih tinggi untuk terkena sakit yang lebih berat.
4. Langkah-langkah untuk melindungi orang lain
-Tetap di rumah jika Anda sakit, kecuali untuk mendapatkan perawatan medis maka periksakan ke dokter atau mengujungi fasilitas kesehatan terdekat.
- Tutupi mulut dan hidung Anda dengan tisu ketika Anda batuk atau bersin atau gunakan bagian dalam siku Anda. Buang tisu bekas ke tempat sampah. Segera cuci tangan Anda dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik. Jika sabun dan air tidak tersedia, bersihkan tangan Anda dengan pembersih tangan yang mengandung alkohol 70 %.

Jika Anda sakit makan anda harus mengenakan masker ketika Anda berada di sekitar orang lain (mis., Berbagi kamar atau kendaraan) dan sebelum Anda memasuki ruangan fasilitas kesehatan. Jika Anda tidak dapat memakai masker (misalnya, karena menyebabkan kesulitan bernafas), maka Anda harus menutup mulut dan hidung ketika batuk dan bersin, dan orang yang merawat Anda harus memakai masker jika mereka memasuki ruangan Anda.